DESAIN PEMODELAN GRAFIS/GRAFIK
PENGERTIAN
1. Desain
Desain biasa
diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Desain merupakan perencanaan dalam
pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Kemudian, kata “desain”
dapat digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja. Dalam artian yang lebih
luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintegrasi dengan
teknologi. Desain dikenakan pada bentuk sebuah rencana, dalam hal ini dapat
berupa proposal, gambar, model, maupun deskripsi. Desain
juga sering disebut sebagai seni terapan, atau arsitektur.
Jadi dapat dikatan, desain merupakan sebuah konsep
tentang sesuatu.
2.
Model
Model yang artinya rencana,
representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep,
yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa
model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra
komputer), atau rumusan matematis.
3.
Pemodelan
grafik
Grafik berasal dari kata grafika
yang artinya segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda,
dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada
khalayak. Contohnya adalah : foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram,
tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain.
Arti
kata Desain Grafis
Desain
grafis adalah seni dalam berkomunikasi
menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi
visual. Ilmu desain grafis mencakup
seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
Secara keseluruhan Desain grafis
adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Desain grafis memiliki unsur yaitu
bentuk, tekstur, garis, ruang, warna yang membentuk prinsip-prinsip desain
visual. Dimana prinsip-prinsip tersebut meliputi keseimbangan, tekanan,
proporsi, dan kesatuan yang membentuk aspek-aspek structural komposisi yang
lebih luas.
Arti
kata Desain dalam bidang kesenian
Seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif. Seni disain grafis
mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya
tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Arti
kata Desain dalam bidang sistem informasi
Dapat berupa tahap setelah analis
dari siklus pengembangan sistem informasi/teknologi, menggambarkan bagaimana
system terbentuk yang dapat berua penggambaran, perencanaan, dan pembuatan
sketsa.
Arti
kata Desain dalam bidang Arsitektur
Arti kata Desain dalam bidang Fashion
Dapat dipakai untuk merancang atau
mendesain sebuah bentuk yang ingin diwujudkan baik dalam pakaian, motif, dll.
PRINSIP
dan UNSUR desain
Desain di bidang Kesenian
Dalam bekerja seorang desainer
grafis harus mempertimbangkan berbagai prinsip demi mencapai hasil akhir yang baik.
Prinsip-prinsip desain yang akan dijelaskan di bawah ini bukanlah sebuah nilai
mati bahwa desain yang paling baik adalah seperti apa yang dikandung dalam
prinsip tersebut. Tetapi sekadar anjuran beginilah seharusnya desain yang baik.
Karena sesungguhnya tidak ada penilaian bagus atau jelek atas sebuah desain.
Semuanya itu tergantung selera desainer grafis, klien dan khalayak yang menjadi
sasaran pesan.
Prinsip desain grafis dalam bidang
kesenian :
Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis
menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. Hal ini sangat logis demi
kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam
penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan
tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang
ornamental dan njilimet, seperti huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer
grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid).
Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space)
dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunyasaja.
Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau
kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang
secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal
(simetris) dan keseimbangan informal.
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi,
konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari
komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga
memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
Penekanan (aksentuasi)
Penekanan (aksentuasi)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik
perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang
dimaksud. Kalau dalam konteks desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan
memberikan kotak raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya
berita itu untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada
judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya. Penekanan
juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada
warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
Irama (repetisi)
Irama (repetisi)
Irama merupakan pengulangan
unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang
terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik
beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan
atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi
kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.
Unsur dalam desain grafis sama seperti
unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk
shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip
dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance),
ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan
kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih
luas.
Prinsip dan unsur desain
grafis dalam bidang teknologi informasi
Ada 6 unsur diantara nya :
Bentuk
Dari Pictographs kuno sampai ke logo modern, bentuk
adalah akar desain. Mereka digunakan untuk membuat layout, membuat pola,
dan membangun banyak elemen pada halaman. Dengan perangkat lunak grafis
seperti Illustrator, Draw mampu menciptakan dan memanipulasi bentuk yang lebih
mudah dari sebelumnya, desainer memberikan kebebasan untuk menciptakan bentuk.
Garis
Garis digunakan untuk membagi ruang, memfokuskan mata,
dan membuat bentuk. Pada tingkat yang paling dasar, garis lurus ditemukan
dalam layout untuk memisahkan konten, seperti di majalah, koran, dan desain
situs Web. Hal ini tentu saja dapat –lebih jauhnya, dengan melengkung,
putus-putus, dan garis-garis zigzag digunakan sebagai elemen yang menentukan
pada halaman dan sebagai dasar untuk ilustrasi dan grafis.Sering kali, baris
akan tersirat, makna unsur-unsur desain yang lain akan mengikuti garis jalan,
seperti ketika pada kurva.
Warna
Warna adalah elemen yang menarik desain grafis karena
dapat diterapkan ke elemen lainnya, mengubahnya secara dramatis. Ini dapat
digunakan untuk membuat gambar lebih menonjol, untuk menampilkan teks yang
terhubung (linked) pada sebuah situs web, dan untuk membangkitkan emosi. Desainer
grafis harus menggabungkan pengalaman mereka dengan warna dengan pemahaman
tentang teori warna.
Huruf
Jenis huruf, tentu saja, ada di sekitar
kita. Dalam desain grafis, tujuannya adalah untuk tidak hanya menempatkan
teks saja pada artwork, tetapi lebih untuk memahami dan menggunakannya secara
efektif untuk komunikasi. Pilihan font (tipografi), ukuran, alignment,
warna, dan jarak semua ikut bermain. Jenis huruf dapat diambil lebih
lanjut dengan menggunakannya untuk menciptakan bentuk dan gambar.
Tekstur
Tekstur dapat menunjukkan sebuah permukaan desain atau
tampilan visual suatu desain. Pada kasus pertama, yang menyaksikan karya
desain dapat benar-benar merasakan tekstur, menjadikannya unik dari elemen
desain lain. Pemilihan kertas dan bahan-bahan dalam paket desain dapat
mempengaruhi tekstur yang sebenarnya. Dalam kasus kedua, tekstur tersirat
melalui gaya desain. Begitu kaya, visual grafis yang berlapis-lapis
dapat menciptakan tekstur yang merupakan pencerminan dari kesan sebenarnya.
Gambar, Ilustrasi & Fotografi
Sebuah gambar yang kuat dapat membuat bagus atau
menghancurkan desain. Foto, ilustrasi dan karya seni digunakan untuk
bercerita, mendukung ide, dan merebut perhatian, sehingga memilih gambar adalah
penting.Desainer grafis dapat membuat karya ini sendiri, membeli dari seorang
seniman/ilustrator, fotografer, atau banyak website.
Pemahaman Desain Grafis pada
Karikatur, dan Kartun.
KARTUN
Kata
kartun berasal dari bahasa inggris cartoon, yang
diangkat dari bahasa Italia cartone. Istilah ini muncul setelah tahun 1843
untuk menamai sketsa pada kertas a lot (siout paper) yang berisi desain lukisan
dinding (Irwanto,1995:65). Namun, sekarang ini pengertian kartun menjadi gambar
yang bersifat humor atau satire, jadi kartun merupakan satu wujud ekspresi seni
yang bermaksud melucu, menyindir, dan mengkritik. Ensiklopedi Nasional
Indonesia (1990) menyebutan ciri kartun, yaitu pesan atau komentar humoritis
atau satiris tentang suatu peristiwa aktual.
Kartun biasanya berpanel tunggal,
sementara komik terdiri dari beberapa panel. Penggambaran tokoh dalam komik
biasanya digambarkan dalam bentuk kartun. Desain untuk kartun banyak macamnya
dan sangatlah unik.
KARIKATUR
Karikatur
berasal dari bahasa italia caricare. Kata ini berhubungan dengan kata
carattere yang berarti karakter dan cara yang diartikan sebagai roman muka
(Supradaka, 1993) mengartikan karikatur sebagai humor yang menekankan ejekan
atau sindiran tentang masalah sosial politik yang sedang hangat dibicarakan.
Bentuk visual dari karikatur
biasanya dilakukan dengan distorsi-distorsi pada bagian tertentu sehingga
kesannya menjadi lucu atau aneh. Distorsi ini digunakan sebagai penekanan
tentang tema yang diangkat sebagai karikatur.
Contoh
pemodelan grafis pada kesenian, sistem informasi, dan arsitektur.
Brosur
adalah satu dari sekian banyak contoh dari penerapan design pemodelan grafis,
pada brosur tersebut diatas terdiri dari kombinasi warna dan gambar yang dibuat
semenarik mungkin agar menarik perhatian orang-orang. Pada brosur diatas juga
dibuat dengan mementingkan tujuan dari pembuatan acara yang akan diadakan.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar