Desain grafis adalah seni dalam
berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan
bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis
mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain
interaksi.
1.
SEJARAH/History of Graphic Design
Pada tahun , Henry Cole menjadi salah seorang yang paling
berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah
tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia
menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi
industri modern dan desain bergaya Victoria.
Dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris
Kelmscott mempublikasikan buku karya desain grafis yang dibuat oleh gerakan Arts and Crafts , dan membuat buku
dengan desain yang lebih bagus dan elegan untuk dijual kepada orang-orang kaya.
Morris membuktikan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis.
Morris juga mempelopori pemisahan desain grafis dari seni rupa. Karya –karya
Morris dan karya dari pergerakan Private Press secara langsung mempengaruhi Art
Nouveau, dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada
awal abad ke 20.
Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind
of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins,
seorang desainer buku Amerika. Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada
tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain
Grafis pada judulnya
The
signage in the London Underground adalah contoh desain klasik pada abad modern
yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun
1916.
1.1 The advent of printing/Munculnya
percetakan
Desain grafis berkembang pesat
seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan
dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan
teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai
disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Ini
adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara
massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada
masa kebangkitan kembali Eropa.
Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.
Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.
Pada perkembangan berikutnya, Aloys
Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin
cetak Guterberg yang memanfaatkan tehnik cetak tinggi, teknik cetak lithografi
menggunakan tehnik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara
air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari master cetak yang menggunakan
media batu litho. Tehnik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara
lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan
dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan
seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The
Poster”.
Tokoh-tokoh seni poster tehnik lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya besarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller” (1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh lainya antara lain Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset.
Tokoh-tokoh seni poster tehnik lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya besarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller” (1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh lainya antara lain Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset.
1.2 Emergence of the Design
Industry/Munculnya Desain Industry
Desain
Industri adalah penggunaan kedua diterapkan seni dan ilmu untuk meningkatkan
estetika, desain, ergonomi, fungsi, dan / atau kegunaan dari produk diterapkan,
dan juga dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran produk dan bahkan
produksi. Peran seorang desainer industri adalah untuk menciptakan dan
melaksanakan solusi desain untuk masalah bentuk, kegunaan, ergonomi fisik,
pemasaran, pengembangan merek, dan penjualan.
1.3 Tweenteeth century design/Desain
abad kedua puluh
Pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet
melihat seni yang berorientasi individu tidak ada gunanya bagi Rusia dan
membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia nyata. Mereka mendesain
bangunan, perangkat teater, poster, kain, pakaian, perabot, logo, menu, dll.
2.
Type of Graphic Design
A. Komersial Print
Designer
Beberapa
desainer grafis bekerja dengan sebuah toko printer atau cetak komersial.
Desainer ini bertanggung jawab untuk menciptakan berbagai potongan dicetak
berbeda seperti kartu nama, brosur, poster, tiket acara, brosur, program dan
banyak lagi.
B. Publikasi
Designer
Desainer grafis lay out halaman untuk berbagai publikasi
cetak seperti koran dan majalah. Dalam kebanyakan kasus, editor menyediakan
desainer dengan judul, teks cerita dan foto yang menyertainya. Seorang desainer
grafis membutuhkan elemen-elemen ini dan memutuskan cara efektif meletakkan
mereka keluar ke halaman dengan cara yang akan menarik perhatian dan menarik
pelanggan untuk ingin membaca cerita.
C. Multimedia
Designer
Desainer grafis yang mengejar karir di desain multimedia
merupakan bagian dari tim yang penting dari kru di balik layar yang bertanggung
jawab untuk desain visual dalam film dan televisi industri. Desainer ini harus
mengejar gelar grafis seni yang mengkhususkan diri dalam desain multimedia.
Kelas dapat mencakup rincian tentang animasi, grafis gerak, media digital,
menciptakan efek visual dan aspek lain yang berkaitan dengan kreasi multimedia.
D. Iklan Designer
Biro iklan menggunakan keterampilan kreatif desainer
grafis. Agen mengandalkan desainer untuk mengumpulkan ide-ide dasar yang
dibahas dengan perwakilan klien dan akun dengan kata-kata cerdas copywriter
badan menjadi, kampanye iklan kohesif dirancang cemerlang. Iklan studio desain
juga dicari oleh bisnis baru untuk keahlian seorang desainer grafis kreatif
untuk membantu mereka membuat logo dan identitas merek untuk bisnis mereka.
E. Perusahaan
Designer
Banyak perusahaan dan perusahaan-perusahaan besar memilih
untuk menyewa desainer grafis mereka sendiri yang bekerja dalam departemen
pemasaran perusahaan. Desainer ini bertanggung jawab untuk menciptakan tata
letak visual untuk semua materi pemasaran bisnis seperti laporan perusahaan,
kartu nama, brosur, iklan, presentasi PowerPoint, desain kemasan dan banyak
lagi. Mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk pemeliharaan dan desain
website perusahaan.
3.
Modern
Graphic Subfield/Sub bidang grafis desain modern
bidang Komunikasi Grafis dipilah menjadi
3 sub-bidang:
A. Desain Grafis: merancang / menyusun bahan (huruf,
gambar dan unsur grafis lain) menjadi informasi visual pada media (cetak) yang
dimengerti publik.
B. Ilustrasi: menampilkan informasi dengan ketrampilan
gambar tangan dan penuangan daya imajinasi.
C.
Fotografi: menampilkan informasi dengan ketrampilan
menangkap cahaya melalui kamera dankepiawaian memilih / mengolah hasil bidikan.
4. What is/Explanation about
4.7 Information Design
Desain informasi adalah praktek
menyajikan informasi dengan cara yang menumbuhkan pemahaman yang efisien dan
efektif itu. Istilah telah datang untuk digunakan khusus untuk desain grafis
untuk menampilkan informasi secara efektif, bukan hanya menarik atau ekspresi
artistik. Desain informasi berkaitan erat dengan bidang visualisasi data dan
sering diajarkan sebagai bagian dari program desain grafis.
4.8 Typography
Typography adalah suatu
ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada
ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat
menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Aspek-aspek Desain
Komunikasi Visual :
-
Ilustrasi
-
Teks
-
Tipografi
-
Warna
-
Media
Huruf (Tipo/Typeface/Type/Font)
adalah bentuk visual yang dibunyikan sebagai komunikasi verbal.Tipografi adalah Ilmu yang
mempelajari tentang Huruf dan penggunaan Huruf dalam aplikasi Desain Komunikasi
Visual.
Tipografi adalah
ilmu atau skill yang berkaitan dengan profesi piñata aksara di percetakan
maupun seniman-seniman yang bekerja di perusahaan pembuat aksara.Tipografi adalah ilmu yang
berkaitan dengan aksara cetak.
4.9 Web Graphic Desain
Desain web meliputi berbagai keterampilan yang berbeda
dan disiplin dalam produksi dan pemeliharaan website. Berbagai bidang desain
web termasuk desain grafis web; desain antarmuka; authoring, termasuk kode
standar dan perangkat lunak berpemilik; desain pengalaman pengguna; dan
optimasi mesin pencari. Seringkali banyak orang akan bekerja dalam tim yang
meliputi berbagai aspek dari proses desain, meskipun beberapa desainer akan
menutupi mereka semua.
Desain web, Istilah ini biasanya digunakan untuk
menggambarkan proses desain yang berkaitan dengan front-end (client side)
desain website termasuk menulis mark up. Web desain sebagian tumpang tindih
rekayasa web dalam lingkup yang lebih luas dari pengembangan web.
4.10
Intructional
Design
Instructional
Design (juga disebut Instruksional Desain Sistem (ISD)) adalah praktek membuat
"pengalaman instruksional yang membuat akuisisi pengetahuan dan
keterampilan yang lebih efisien, efektif, dan menarik. Proses terdiri luas
menentukan keadaan saat ini dan kebutuhan peserta didik, mendefinisikan tujuan
akhir pengajaran, dan menciptakan beberapa "intervensi" untuk
membantu transisi.
Idealnya
proses diinformasikan oleh pedagogis (proses pengajaran) dan andragogically
(pembelajaran orang dewasa) menguji teori belajar dan dapat berlangsung
di-satunya siswa, pengaturan dibimbing guru atau masyarakat berbasis.
Hasil dari
instruksi ini mungkin langsung diamati dan diukur secara ilmiah atau
benar-benar tersembunyi dan diasumsikan. Ada banyak model desain instruksional
tetapi banyak didasarkan pada model ADDIE dengan lima tahap: analisis, desain,
pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sebagai lapangan, desain
instruksional secara historis dan tradisional berakar pada psikologi kognitif
dan perilaku, meskipun baru-baru ini Konstruktivisme (teori belajar) telah
mempengaruhi pemikiran di lapangan.
4.11
Marketing
Design
Pemasaran (bahasa Inggris: marketing)
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan
kebutuhan dan keinginan manusia.
4.12
Digital
Ilustration
Ilustrasi
komputer atau ilustrasi digital adalah penggunaan alat-alat digital untuk
menghasilkan gambar di bawah manipulasi langsung dari artis, biasanya melalui
perangkat penunjuk seperti tablet atau mouse. Hal ini dibedakan dari yang
dihasilkan komputer seni, yang diproduksi oleh komputer menggunakan model
matematika yang dibuat oleh seniman. Hal ini juga berbeda dari manipulasi
digital dari foto, dalam hal ini adalah konstruksi asli "dari awal".
(Unsur fotografi dapat dimasukkan ke dalam karya-karya tersebut, tetapi mereka
tidak dasar utama atau sumber bagi mereka.)
5. The Influewe of Graphic Design in our world
5.1 Culture Influency – Ethis in Graphic design/ Ethis
in Graphic Design
Desain grafis berfungsi sebagai filter melalui banyak komunikasi kami sebarluaskan.
Desainer grafis menemukan jati diri mereka dalam posisi unik menjadi penunggu
informasi serta menyediakan cermin yang mencerminkan budaya kontemporer.
Pengaruh yang desainer grafis terhadap bagaimana komunikasi yang disampaikan
mungkin tidak selalu jelas bagi mereka. Seringkali mereka terlibat dalam
rincian proyek dan bahkan tidak menyadari dampak pekerjaan yang mereka telah miliki.
5.2 Movies
Sebuah movies, juga disebut film, adalah serangkaian
gambar diam yang, ketika ditampilkan di layar, menciptakan ilusi gambar
bergerak karena fenomena phi. Ilusi optik ini menyebabkan penonton untuk
merasakan gerakan kontinyu antara objek terpisah dilihat dengan cepat
berturut-turut. Sebuah film dibuat dengan memotret adegan yang sebenarnya
dengan kamera film; dengan memotret gambar atau model miniatur menggunakan
teknik animasi tradisional; dengan cara CGI dan animasi komputer; atau
kombinasi dari beberapa atau semua ini.
6. Desain Pemodelan Grafis dari segi interaksi manusia
& komputer/ Graphic Design in term of modelling human computer interaction
6.3 History of HCI
A. Interaction paradigma
Interaksi
manusia-komputer (HCI) melibatkan studi, perencanaan, desain dan penggunaan
antarmuka antara orang-orang (pengguna) dan komputer. Hal ini sering dianggap
sebagai persimpangan ilmu komputer, ilmu perilaku, desain, studi media, dan
beberapa bidang studi lainnya.
B. Notable systems and prototypes
Sebuah prototipe adalah awal sampel,
model, atau peluncuran produk yang dibangun untuk menguji konsep atau proses
atau bertindak sebagai sesuatu yang harus direplikasi atau belajar dari. Ini
adalah istilah yang digunakan dalam berbagai konteks, termasuk semantik,
desain, elektronik, dan program perangkat lunak. Sebuah prototipe dirancang
untuk menguji dan percobaan desain baru untuk meningkatkan presisi oleh analis
sistem dan pengguna. Prototyping berfungsi untuk memberikan spesifikasi untuk
nyata, sistem kerja daripada yang teoritis.
6.4 General human-computer
interaction concepts/konsep umum interaksi manusia komputer
A. Hardware
Komputer hardware adalah kumpulan elemen-elemen fisik
yang merupakan sistem komputer. Hardware komputer mengacu pada bagian fisik
atau komponen komputer seperti monitor, mouse, keyboard, penyimpanan data
komputer, hard disk drive (HDD), unit sistem (kartu grafis, kartu suara,
memori, motherboard dan chip), dll yang semuanya benda fisik yang bisa disentuh
(dikenal sebagai tangible). Sebaliknya, perangkat lunak instruksi yang dapat
disimpan dan dijalankan oleh perangkat keras.
B. Interface Design Method
User interface design (UID) atau
rekayasa antarmuka pengguna desain website, komputer, peralatan, mesin,
perangkat komunikasi mobile, dan aplikasi perangkat lunak dengan fokus pada
pengalaman pengguna dan interaksi. Tujuan dari desain antarmuka pengguna untuk
membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin, dalam hal
mencapai tujuan pengguna-apa yang sering disebut desain yang berpusat pada
pengguna.
C. Usability
Usability adalah kemudahan penggunaan dan learnability
dari objek buatan manusia. Objek penggunaan bisa menjadi aplikasi software,
website, buku, alat, mesin, proses, atau apa pun manusia berinteraksi dengan.
Sebuah studi kegunaan dapat dilakukan sebagai fungsi pekerjaan utama oleh
analis kegunaan atau fungsi pekerjaan sekunder oleh desainer, penulis teknis,
tenaga pemasaran, dan lain-lain. Hal ini banyak digunakan dalam elektronik
konsumen, komunikasi, dan objek transfer pengetahuan (seperti masak, dokumen
atau bantuan online) dan benda-benda mekanis seperti gagang pintu atau palu.
D. Models an laws
Etika komputer adalah seperangkat asas atau nilai yang
berkenaan dengan penggunaan komputer. adalah adat istiadat atau kebiasaan yang
baik dalam individu, kelompok maupun masyarakat dan komputer (bahasa Inggris: to compute) merupakan alat yang digunakan untuk
menghitung dan mengolah data. Jumlah interaksi manusia dengan komputer yang
terus meningkat dari waktu ke waktu membuat etika komputer menjadi suatu
peraturan dasar yang harus dipahami oleh masyarakat luas. Misalnya : 1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang
Internet & Transaksi Elektronik (ITE) ,
Sumber :
wikipedia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar