Sabtu, 14 Maret 2015

SISTEM KEAMANAN KOMPUTER


SISTEM KEAMANAN KOMPUTER

·         Sistem?
Sekumpulan elemen atau unsur yang saling berkaitan dan memiliki tujuan yang sama
·         Keamanan?
Suatu kondisi yang terbebas dari resiko,  Segala sesuatu yang mengenai keamanan.
·         Komputer?
Suatu perangkat yang terdiri dari software dan hardware serta dikendalikan oleh brainware (manusia).
Jadi, Sistem Keamanan Komputer adalah suatu sistem yang mengkondisikan komputer terhindar dari berbagai resiko.



·         Keamanan dapat diklasifikasikan menjadi empat

Menurut David Icove [John D. Howard, “An Analysis Of Security Incidents On The Internet 1989 - 1995,” PhD thesis, Engineering and Public Policy, Carnegie Mellon University, 1997.] 
1.      Keamanan yang bersifat fisik (physical security): termasuk akses orang ke gedung, peralatan, dan media yang digunakan.

Contoh :
• Wiretapping atau hal-hal yang ber-hubungan dengan akses ke kabel atau komputer yang digunakan juga dapat dimasukkan ke dalam kelas ini.
• Denial of service, dilakukan misalnya dengan mematikan peralatan atau membanjiri saluran komunikasi dengan pesan-pesan (yang dapat berisi apa saja karena yang diuta-makan adalah banyaknya jumlah pesan).
• Syn Flood Attack, dimana sistem (host) yang dituju dibanjiri oleh permintaan sehingga dia menjadi ter-lalu sibuk dan bahkan dapat berakibat macetnya sistem (hang).

2.      Keamanan yang berhubungan dengan orang (personel),

Contoh :
• Identifikasi user (username dan password)
• Profil resiko dari orang yang mempunyai akses (pemakai dan pengelola).

3.      Keamanan dari data dan media serta teknik komunikasi (communications).
4.      Keamanan dalam operasi: Adanya prosedur yang digunakan untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan, dan juga ter-masuk prosedur setelah serangan (post attack recovery).



·         Selanjutnya ada 3 macam keamanan sistem, yaitu :

1. Keamanan eksternal / external security
Berkaitan dengan pengamanan fasilitas komputer dari penyusup dan bencana seperti kebakaran /kebanjiran.
2. Keamanan interface pemakai / user interface security
Berkaitan dengan indentifikasi pemakai sebelum pemakai diijinkan mengakses program dan data yang disimpan
3. Keamanan internal / internal security
Berkaitan dengan pengamanan beragam kendali yang dibangun pada perangkat keras dan sistem operasi yang menjamin operasi yang handal dan tak terkorupsi untuk menjaga integritas program dan data.



·         Lalu ada 2 masalah penting keamanan, yaitu :

1. Kehilangan data / data loss
Yang disebabkan karena :
Ø  Bencana, contohnya kebakaran, banjir, gempa bumi, perang, kerusuhan, tikus, dll.
Ø  Kesalahan perangkat keras dan perangkat lunak, contohnya ketidak berfungsinya pemroses, disk / tape yang tidak terbaca, kesalahan komunikasi, kesalahan program / bugs.
Ø  Kesalahan / kelalaian manusia, contohnya kesalahan pemasukkan data, memasang tape / disk yang salah, kehilangan disk / tape.

2. Penyusup / intruder
Ø  Penyusup pasif, yaitu yang membaca data yang tidak terotorisasi
Ø  Penyusup aktif, yaitu mengubah data yang tidak terotorisasi.
Contohnya penyadapan oleh orang dalam, usaha hacker dalam mencari uang, spionase militer / bisnis, lirikan pada saat pengetikan password.
Sasaran keamanan adalah menghindari, mencegah dan mengatasi ancaman terhadap sistem.

·         Berikut ini Karakteristik Penyusup :

Ø  The Curious (Si Ingin Tahu) >> tipe penyusup ini pada dasarnya tertarik menemukan jenis sistem dan data yang anda miliki.
Ø  The Malicious (Si Perusak) >> tipe penyusup ini berusaha untuk merusak sistem anda, atau merubah web page anda, atau sebaliknya membuat waktu dan uang anda kembali pulih.
Ø  The High-Profile Intruder (Si Profil Tinggi) >> tipe penyusup ini berusaha menggunakan sistem anda untuk memperoleh popularitas dan ketenaran. Dia mungkin menggunakan sistem profil tinggi anda untuk mengiklankan kemampuannya.
Ø  The Competition (Si Pesaing) >> tipe penyusup ini tertarik pada data yang anda miliki dalam sistem anda. Ia mungkin seseorang yang beranggapan bahwa anda memiliki sesuatu yang dapat menguntungkannya secara keuangan atau sebaliknya.




·         Istilah bagi penyusup :

1.      Mundane ; tahu mengenai hacking tapi tidak mengetahui metode dan prosesnya.

2.      lamer (script kiddies) ; mencoba script2 yang pernah di buat oleh aktivis hacking, tapi tidak paham bagaimana cara membuatnya.


3.      wannabe ; paham sedikit metode hacking, dan sudah mulai berhasil menerobos sehingga berfalsafah ; HACK IS MY RELIGION.

4.      larva (newbie) ; hacker pemula, teknik hacking mulai dikuasai dengan baik, sering bereksperimen.


5.      hacker ; aktivitas hacking sebagai profesi.

6.      wizard ; hacker yang membuat komunitas pembelajaran di antara mereka.


7.      guru ; master of the master hacker, lebih mengarah ke penciptaan tools-tools yang powerfull yang salah satunya dapat menunjang aktivitas hacking, namun lebih jadi tools pemrograman system yang umum



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar